BLANTERVIO103

7 Penyebab Baterai Kembung Yang Banyak Diabaikan

7 Penyebab Baterai Kembung Yang Banyak Diabaikan
Sunday, November 13, 2022

Saat ini, memang banyak ditemukan permasalahan yang sering terjadi karena adanya komponen pada bagian baterai yang tidak sesuai dengan ketentuannya. Misalnya saja, banyak yang juga mencari apa penyebab baterai kembung yang nantinya dapat memberikan masalah yang lebih besar kepada pengguna.


Mungkin sudah ada beberapa pengguna perangkat HP dari berbagai merek yang mengalami permasalahan seperti ini sehingga kemudian merasa sangat khawatir. Namun jika sejak awal bisa mengenali beberapa penyebab yang ada, maka bisa saja mencegah permasalahan yang lainnya terjadi seperti berikut:

1. Main Sembari Dicas

Untuk jenis penyebab baterai kembung yang pertama ini dapat dikenali sebagai penyebab yang paling banyak ditemukan terjadi bahkan sampai hari ini. Tidak heran jika terlalu sering menggunakan dan memainkan perangkat HP ketika perangkat sedang di cas bisa menimbulkan dampak negatif pada baterainya.

Kemudian bagi yang sering melakukan hal yang persis ini sekarang, maka sebaiknya mulai berhenti dan biarkan HP dicas dengan baik. Selain itu, alangkah lebih baik untuk mematikan terlebih dahulu HP ketika dicas agar tidak menjadi timbulnya masalah baterai kembung nantinya.


2. Menggunakan Terlalu Lama

Kemudian ada juga jenis penyebab yang lainnya yang mungkin banyak ditemukan terjadi namun malah dibiarkan saja karena dianggap tidak masalah. Sebenarnya sama seperti halnya manusia, HP pun memiliki keterbatasan kerja sehingga penting untuk membuatnya istirahat walaupun hanya selama beberapa menit.

Terutama bagi para pengguna yang sudah menemukan fakta bahwa ada rasa panas yang keluar dari HP, maka segera berhenti menggunakannya. Coba berikan jeda pada perangkat yang dipakai untuk diam saja dan melakukan aktivitas lainnya sehingga HP bisa lebih dingin.


3. Cas yang Berlebihan

Tidak hanya beberapa contoh dari penyebab yang ada di atas, ada juga penyebab yang lainnya yang mungkin banyak tidak dikenali. Kali ini, penyebab dari adanya baterai HP yang ternyata membengkak terletak pada cara pengisian daya yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Setiap pengguna sebaiknya sejak awal sudah mengenali bahwa penggunaan cas berlebihan bisa memberikan efek yang buruk bahkan membuat HP sulit dipakai. Sebaiknya buat jadwal yang tepat untuk pengisian daya baterai HP sehingga nanti juga bisa menyesuaikan dengan jadwal penggunaan secara rutin.


4. Baterai Tidak Original

Kemudian ada juga penyebab baterai kembung yang wajib dikenali lainnya yang sebaiknya segera diperiksa sejak awal sebelum lanjut untuk menggunakan. Setiap pengguna perangkat HP dalam berbagai merek yang ada sebaiknya benar-benar memeriksa apakah baterai yang dipakai itu original sesuai mereknya.


5. Charger Tidak Asli

Bahkan tidak hanya terkait dengan baterai HP yang tidak asli, jika menggunakan jenis charger yang tidak sesuai bisa membengkakkan baterai. Sebaiknya hindari untuk memakai charger yang tidak asli yang malah membuat HP tidak hanya rusak namun tidak bisa bertahan lama.


6. Kabel USB Palsu

Sementara itu, untuk contoh penyebab yang lainnya yang sebaiknya dikenali kali ini lebih berkaitan dengan kabel dari USB yang dipakai. Sejak awal, utamakan untuk menggunakan bantuan dari kabel USB charger yang memang asli dan sesuai ketentuan sehingga bisa menghindari masalah.


7. Baterai Terlalu Tua

Faktor yang paling akhir ini mungkin banyak tidak dipahami pengguna namun bisa segera melihat usia dari baterai HP yang digunakan. Sebaiknya bagi HP dengan baterai yang bisa dilepas segera diganti jika usianya sudah terlalu tua agar nanti masih bisa diselamatkan.


Uraian yang menjelaskan mengenai beberapa penyebab baterai kembung di atas tentu saja bisa menjadi informasi yang penting bagi para pengguna. Ternyata tidak hanya bisa membatasi kinerja dari HP, baterai kembung juga bisa disebabkan banyak hal termasuk charger yang ternyata palsu.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821