BLANTERVIO103

Wajib Tahu! Syarat PNM Mekar Untuk Perempuan Indonesia

Wajib Tahu! Syarat PNM Mekar Untuk Perempuan Indonesia
Wednesday, March 15, 2023

Dalam rangka pemberdayaan perempuan Indonesia, pemerintah mengeluarkan program PNM yang bertajuk PNM Mekar. PNM yang satu ini bertujuan untuk memfasilitasi para perempuan yang memiliki usaha ultra mikro dan masih mulai merintis. Lalu apakah syarat PNM Mekar untuk bisa mendapat pinjaman hingga 25 juta? Simak pembahasannya:

1. Usaha Berkelompok Sebanyak 10 Orang

PNM Mekar menjadi salah satu pinjaman modal usaha andalan para perempuan Indonesia. Bantuan pinjaman PNM Mekar sangat membantu karena seseorang bahkan bisa mengajukan pinjaman meskipun skala usahanya masih sangat kecil. Karenanya, bantuan pinjaman ini sangat membantu para pengusaha perempuan untuk membangun bisnisnya.


Namun bantuan yang diberikan sifatnya bukan perorangan melainkan berkelompok. Para pelaku usaha ultra mikro bisa bergabung dengan 10 orang pengusaha ultra mikro lainnya. Ketentuan yang ditetapkan adalah seluruh anggota kelompok berasal dari wilayah yang sama. Hal ini dikarenakan PNM Mekar menerapkan basis wilayah.


2. Memenuhi Syarat Usia

Untuk bisa mengajukan PNM Mekar, diterapkan batasan usia sebagai syarat PNM Mekar. Interval usia yang ditetapkan cukup besar. Hal ini memungkinkan semakin banyak perempuan dari berbagai tingkatan usia untuk bergabung.

Dengan begitu semakin banyak pula perempuan yang tergerak untuk menjadi pengusaha dalam bentuk kelompok ini.Untuk batas bawahnya, anggota kelompok usaha bisa dimulai dari masa remaja.

Batas usia bawahnya adalah 16 tahun sehingga pada pelajar bisa juga mengikuti kelompok ini. Sedangkan untuk batasan atas, anggota bisa hingga perempuan usia 63 tahun. Batasan ini akan membantu para perempuan yang mungkin sudah pensiun.


3. KK dan KTP Domisili Wilayah Tersebut

Karena PNM Mekar berbasis wilayah maka, pengusaha yang mengikuti program ini haruslah berasal dari wilayah yang sama. Tak hanya itu, alamat yang tertera di KK dan KTP adalah alamat domisili yang ditinggali sekarang.

Jika tidak, pengajuan pinjaman tidak akan berhasil disetujui juga tidak bisa menjadi anggota usaha.Hal ini ditujukan untuk memudahkan pengaturan sistem penyaluran pinjaman.

Selain itu, PNM Mekar mengharuskan anggotanya untuk menjalankan kelompok yang aktif berkegiatan. Tentu saja kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan akan lebih efektif jika anggota kelompok berasal dari lingkungan tempat tinggal yang sama.


4. Mendapat Izin

Karena pelaku usaha pada PNM Mekar ini adalah para perempuan, maka penting pula untuk mendapatkan izin. Terlebih untuk anggota yang masih remaja mengingat batasan bawah PNM Mekar adalah usia remaja.

Izin harus didapatkan dari pihak yang bertanggung jawab atas kehidupan para pengusaha perempuan tersebut.Karenanya, untuk anggota usaha yang memiliki suami, izin suami akan menjadi persyaratannya.

Sedangkan jika belum memiliki suami, izin bisa didapatkan dari orang tua dan wali yang mengurus kehidupannya. Hal ini bisa dibuktikan dengan surat pernyataan yang ditandatangani pihak tersebut.


5. Sistem Usaha Kelompok Tertata

Yang terakhir, kelompok yang dibuat tak boleh asal-asalan. Meski kelompok usaha skalanya kecil tapi para anggota tak boleh hanya diam saja. Saat pembuatan kelompok dilakukan, para anggota juga harus mengajukan tujuan yang jelas.

Nantinya, kelompok usaha akan memiliki kegiatan rutin mingguan yang harus diikuti oleh semua anggota.Kegiatan yang diadakan adalah kegiatan bersifat pengembangan bagi usaha yang dilakukan oleh kelompok.

Kegiatan ini juga bisa dijadikan agenda rutin mingguan anggota kelompok. Selain kegiatan yang jelas, struktur anggota juga harus tertata. Meski jumlahnya sedikit, struktur keanggotaan kelompok usaha tetap harus disusun.


Dari pembahasan tersebut, terlihat bukan jika syarat PNM Mekar tidak sulit untuk dipenuhi. Dengan mengajukan PNM Mekar, para perempuan bisa saling membantu dalam meningkatkan skala usaha ultra mikro yang dijalankan. Pinjaman yang diajukan juga bisa digunakan sebagai bantuan modal usaha. Menarik bukan?



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821