Wednesday, April 1, 2020

Cara Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form

Arenapublik.com - Memasuki masa-masa Work From Home karena efek dari pandemi Covid-19 yang melanda negara Indonesia, membuat sebagian perusahaan menerapkan bekerja di rumah bagi karyawannya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah atau memutus rantai persebaran virus corona tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan mengulas dan memberikan tutorial sederhana untuk membuat absensi online dengan zoho form.

Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 1 Cover Membuat Absensi Online

Absensi online untuk saat ini sangat diminati bagi kalangan HR sebagian perusahaan untuk mendata jam masuk kerja karyawan yang melangsungkan WFH. Sebagian besar kita mengenal platform terbesar dari google dengan google form nya untuk membuat form absensi, tapi kali ini kita akan membahas menggunakan zoho form. 

Jika kita lihat fitur yang ditawarkan zoho, termasuk cukup lengkap untuk sekelas platform yang mampu menawarkan secara gratis. Menurut kami juga dengan pemilihan zoho sebagai pilihan untuk membuat absensi online ini, kita bisa melakukan edit secara sederhana untuk menambah atau menghapus fitur, memilih template, dan masih banyak yang lainnya.

Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form

Kita akan membahas satu persatu agar kalian dapat dengan mudah bagaimana cara membuat absensi online dengan zoho form berikut, kami akan coba pandu dengan menggunakan gambar untuk memudahkan pembaca mengikuti stepnya.
  • Untuk langkah pertama, silahkan kalian buka halaman zoho.com dan lakukan registrasi terlebih dahulu atau bisa langsung login menggunakan akun google kalian masing-masing.
  • Setelah melakukan login, kalian akan dihadapkan dengan banyak menu. Pilih menu creator untuk memulai membuat suatu aplikasi.
Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 2 Menu Pada Zoho
  • Setelah memilih menu creator tersebut, akan terbuka page baru pada tab browser dengan menampilkan banyak pilihan aplikasi yang dapat kalian pilih. Untuk memudahkan dalam mencari zoho form, klik menu pada pojok kanan atas lalu pilih form pada menu tersebut.
Cara Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 3 Memilih Form Pada Zoho

Dapat kita lihat, tidak hanya fitur pembuatan form saja. Melainkan banyak fitur yang ditawarkan dari zoho secara gratis.

  • Akan terbuka tab baru pada browser kita, dan kita akan dihadapkan dengan pilihan antara blank form atau form template. Kami sarankan untuk memilih form template agar kalian dapat melihat berbagai macam template yang disediakan zoho untuk membuat form.
Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 4 Memilih Template Pada Zoho Form

  • Maka kita akan memasuki halaman editor form dari zoho, silahkan lakukan editing dengan menggunakan side bar menu yang cukup lengkap untuk menambahkan kebutuhan dalam membuat form. Terdapat dua pilihan menu, yaitu basic dan advanced. 
Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 5 Menu Editor Zoho Form

  • Lakukan editing seperlunya dalam membuat halaman absensi online agar memudahkan karyawan dalam melakukan pengisian form. 
Sebagai catatan: Jangan lupa untuk mengatur zona waktu menjadi zona waktu Indonesia, karena setting waktu pada zoho secara default mengikuti waktu Amerika. Agar saat karyawan melakukan absensi, kalian dapat melihat secara real jam berapa mereka melakukan absensi.


  • Setelah selesai melakukan editing, kalian bisa publish form tersebut dengan memilih menu share dan kalian bisa mengambil link yang bisa diakses untuk membuka zoho form yang sudah kalian buat, atau dengan pilihan beragam lainnya. 

Gambar 6 Melakukan Share Zoho Form

  • Tahap terakhir sebagai penyempurnaan. Terdapat menu untuk melakukan editing tema dari zoho form yang sudah kita buat, kalian bisa melakukan upload tema sendiri berupa foto perusahaan ataupun lainnya. Atau kalian bisa memilih tema yang sudah disediakan oleh zoho form.
Membuat Absensi Online Dengan Zoho Form
Gambar 7 Memili Tema Pada Zoho Form




Penutup

Zoho form merupakan alternatif lain dalam membuat absensi online selain menggunakan google form, tujuan pembuatan form ini pasti akan membantu para HR dalam merekap data absensi karyawan secara mudah, karena kita dapat melihat bentuk data yang sangat nyaman. Sebagai contohnya kalian dapat melihat dengan klik menu All entries 


Sebagai contoh halaman zoho form yang sudah kami buat, kalian dapat mengakses pada link di bawah ini.
Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan harapan kami semoga pandemi covid-19 ini segera berlalu. Agar kita semua dapat beraktifitas secara normal.
Semoga berhasil

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

14 comments:

  1. nah ini boleh jadi alternatif, karena sekarang musimnya work from home, study from home

    ReplyDelete
  2. Ternyata mudah juga cara bikinnya.
    Terima masih buat ilmunya ya Mas. 😊

    ReplyDelete
  3. Waah tekhnologi makin kesini makin keren, yaaa ..., absen dari jarak jauh pun bisa dengan mudah dilakukan.

    Kalau begitu, paket kuota data wajib hukumnya kudu selalu on nih 🙂

    ReplyDelete
  4. ilmu baru lagi nih, semenjak di kantorku diberlakukan shift shift WFH ya jadinya nggak ada absen hehe
    dianggap masuk terus gitu akhirnya

    ReplyDelete
  5. Work From Here sajalah saya mah gan..

    ReplyDelete
  6. Menarik juga nih, saya tahunya Google doang hahaha.
    ternyata banyak juga pilihan lainnya ya, dan lebih lengkap nih, lebih mudah dicek pula.

    ReplyDelete
  7. Keren ya.. Teknologi mempermudah segalanya.. Good job bang

    ReplyDelete
  8. Waw keren kak

    https://kylafood.asro.net/

    ReplyDelete
  9. nambah pengetahuan baru…

    # Stay safe, healthy and virus free

    ReplyDelete
  10. Waaah... menarik ini rasanya, kayaknya mau mempelajari ini deh. Hehehe... Makasih ya.

    ReplyDelete
  11. Bisa jadi referensi untuk yang membutuhkan, nakasih infonya hehe

    ReplyDelete
  12. Zoho emang handal dan fasilitasnya mantap. Cmn kalo versi free agak kurang maksimal

    ReplyDelete
  13. Teknologi mempermudah segalanya, asal tepat menggunakannya

    ReplyDelete