BLANTERVIO103

Peluang Kerja Santai di Rumah yang Menghasilkan Uang

Peluang Kerja Santai di Rumah yang Menghasilkan Uang
Monday, March 16, 2020
Arenapublik.com - Peluang kerja santai di rumah sambil menikmati ketenangan menjadi idaman bagi setiap orang, baru-baru ini kita sudah mengetahui berita update tentang serangan virus corona yang semakin merajalela hingga akhirnya pemerintah lokal dari DKI Jakarta hingga Jawa Tingah meluncurkan perintah "lockdown" atau sterilisasi untuk sementara dari virus corona tersebut, hal ini menyebabkan banyak dari pekerja diliburkan dan diperintahkan untuk bekerja dari rumah.

Gambar 1 Cover Kerja Santai di Rumah

Dampak "lockdown" yang dialami oleh  sebagian daerah di Indonesia ini menyebabkan juga liburnya aktifitas sekolah hingga perkuliahan. Ada sebagian yang merespon positif dan ada juga yang merespon negatif, apapun itu tujuan dari pemerintah adalah ingin menciptakan rasa aman kepada masyarakat. Tetapi yang perlu digaris bawahi adalah kita semua harus bersikap santai dan masa bodoh saja terhadap virus corona, tetap lakukan aktifitas kalian.


Peluang Kerja Santai di Rumah

Mendapat arahan untuk bekerja dari rumah adalah "bonus" bagi sebagian pekerja yang kecipratan merasakan hal tersebut, perusahaan di sisi lain tidak ingin mengambil resiko terhadap virus corona yang sudah menjadi momok bagi masyarakat, jadi langkah tersebut harus diambil. Saat kita mendapat perintah untuk bekerja dari rumah, justru banyak hal positif yang akan kita dapatkan, salah satu yang paling penting adalah kita bisa merasakan dekat dengan keluarga meskipun status kita bekerja dan masih mendapatkan bayaran.

Sisi lain kita bisa bekerja dekat dengan keluarga, kita juga bisa menghemat biaya bensin kendaraan atau ongkos kendaraan umum saat kita menuju perjalanan ke kantor, kita dapat hemat juga dalam aspek makanan, karena bisa mengambil makanan apa saja yang kita inginkan di rumah atau tinggal buat saja, dan masih banyak sisi positif lainnya yang dapat kita rasakan dari kerja di rumah tersebut.

Gambar 2 Daftar Perusahaan yang Melaksanakan WFH (Work From Home)
(sumber: whatsapp group)

List atau nama-nama perusahaan di atas merupakan perusahaan yang memberlakukan WFH para pekerjanya atau membatasi jumlah pekerja aktif yang ada di kantor untuk urusan tertentu saja. Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang variatif, tidak keseluruhan memberlakukan WFH dan ada juga perusahaan yang tidak melangsungkan WFH karena demi target produksi perusahaan. 

Dampak negatif dari diberlakukan WFH adalah jika disuatu perusahaan terdapat pekerja lepas harian dan pekerja tersebut terkena dari "lockdown" perusahaan selama waktu 2 minggu. Selama itu juga pekerja tersebut tidak mendapatkan upah/bayaran, hanya sekedar informasi saja.

Melakukan Hal yang Menghasilkan Uang

Perintah untuk melangsungkan WFH juga ada dampak positif yang didapatkan jika kita termasuk pekerja tetap perusahaan yang dijamin masih mendapatkan upah/bayaran meskipun kerja di rumah. Dampak positif tersebut adalah kita bisa melakukan usaha sampingan di rumah setelah kita selesai menyelesaikan pekerjaan rumah.
  • WFH mewajibkan kita untuk bisa terhubung di internet, untuk melakukan update pekerjaan apa saja yang telah kita selesaikan/kerjakan. Disisi lain juga untuk bisa tetap produktif, kita juga bisa melangsungkan survey online untuk meraup dollar-dollar receh, untuk penjelasan lebih lengkap kalian bisa membaca artikel yang sudah kami terbitkan di sini.
  • Agar tetap menghasilkan juga, gunakan waktu senggang tersebut untuk menjual barang-barang secara online atau kita juga bisa menjadi seorang makelar/broker. Hal tersebut menarik juga untuk dilakukan jika kita memiliki waktu cukup banyak. Jika ingin mengetahui kiat atau skill yang harus dimiliki seorang makelar, kalian dapat membacanya di sini.
  • Menjadi seorang freelancer semasa WFH berlaku, karena waktu yang cukup lama diberlakukan untuk WFH. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk menjadi seorang freelancer dengan menerima bayaran dari pekerjaan yang sudah kita kerjakan secara langsung. Contohnya saja membuat konten/tulisan di blog, dan lain sebagainya.
Gambar 3 Kerja Santai di Rumah

Ke tiga poin di atas merupakan rekomendasi dari kami untuk bisa menghasilkan uang tambahan meskipun kita sedang melangsungkan WFH agar tetap produktif meskipun bekerja di rumah. Hal tersebut juga bisa kita jadikan acuan, apakah dengan bekerja di rumah secara terus menerus benefit yang kita hasilkan lebih baik dan kita berani keluar dari zona aman atau tidak. Karena kita sudah merasakan nikmatnya kerja di rumah yang bisa ditemani oleh keluarga kita di rumah.

Penutup

Rekomendasi yang dapat kami berikan berdasarkan kerja sampingan yang dapat kita kerjakan sembari mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Perlu diingat, pekerjaan sampingan tersebut dilakukan jika kita sudah menyelesaikan pekerjaan wajib kita untuk perusahaan dan kita bisa meluangkan waktu sisa untuk mengerjakan pekerjaan sesuai yang kami rekomendasikan di atas.

Tiga rekomendasi di atas juga kami terapkan di rumah sembari memanfaatkan pekerjaan wajib perusahaan. Intinya tidak ada yang dapat menghalangi kreatifitas kalian meskipun itu virus sekalipun. Tetap jaga kesehatan dan olahraga seperlunya untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, jangan lupa jaga asupan makan kita juga. Virus corona buka apa-apa ketimbang virus dompet kosong.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 51 comments:

  1. Saat ini memang memungkinkan untuk bekerja dari rumah, terutama dengan dukungan koneksi internet. Memang masalahnya tidak semua jenis pekerjaan dapat dilakukan dari rumah, contohnya pekerjaan pabrik.

    Menjadi freelance juga pilihan yang banyak diambil saat ini ya Mas.

    Salam dari saya di Sukabumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, karena emang tuntutan utk produksi hehe
      salam juga om

      Delete
  2. Kerja pejabat memang tiada masalah buat di rumah tapi kerja yang melibatkan logistik tidak sesuai.

    ReplyDelete
  3. Bagi yang dibidangnya memang kerja dirumah mengasikkan...Meski kalau kelamaan juga BT dirumah terus..Nggak bisa lihat janda2 montok diluar...😱😱


    Beda sama saya kalau sehari dirumah nggak makan ntar...😊😊

    Maklumlah sehari2 cuma ngenjot becak... Jadi harus ekstra giat cari uang untuk makan.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya Fortuner dan toko plastik dan butik bilangnya genjot becak, nanti kualat lho.πŸ˜›

      Delete
    2. Nah, looh ... 😱

      Ketauan yaa punya mobil fortuner ...
      Keren ya mas Satria ..., dari hasil ngeblog bisa kebeli fortuner 🀩

      Itu baru hasil dari ngeblog, belum dari yang lain-lainnya

      Delete
  4. Jujur, aku lebih suka kerja di rumah. istilah yang dulu "belajar dirumah" kini merambah ke "kerja dirumah" haha

    ReplyDelete
  5. Punya pekerjaan yang bisa menghasilkan uang dari rumah memang dambaan bagi sebagian orang, tapi sayangnya aku gagal untuk mendapatkan, ikut survei tapi jarang dapat job, jualan online sepi, dari blog juga sepi, akhirnya jadi kuli aja deh yang dapat uang.πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerja nyata banget ya mas nguli hihi

      Delete
    2. Iya, mendingan kuli saja, dapat duit pasti tiap bulan, kalo mau dapat duit pasti tiap hari dagang gorengan.πŸ˜„

      Delete
  6. AquΓ­ tambien es lo mismo , suerte y quΓ©date en casa.

    ReplyDelete
  7. Semoga badai virus ini segera berlalu ya. Soalnya tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan secara WFH. Bahkan hanya sebagian kecil saja yang bisa. Sisanya justru harus berjibaku dengan padatnya manusia.

    ReplyDelete
  8. como siempre un post de lo mas interesante.

    ReplyDelete
  9. semoga virus corona cepat berlalu

    ReplyDelete
  10. Great! Please: You add a tranaslator google. I don't understand this language.

    ReplyDelete
  11. Sekarang makin luas aja kesempatan dapat uang dari rumah, ya

    ReplyDelete
  12. kalau jual barang secara online masih harus keluar juga ke tempat ekspedisi, kalau benar2 lockdown nggak bisa.. tapi kalau jadi makelar online naaaah tu baru bisa..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  13. Menurut Neil Patel, bisnis yg bisa berjaya di tengah wabah penyakit adalah sektor news, kesehatan, obat-obatan.

    Sektor lain harus banyak berpuasa dulu.

    Roda berputar, ya.

    Semoga badai cepat berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mba.. semoga cepat berlalu beritany juga yg membuat resah

      Delete
  14. Bekerja dari rumah itu banyak suka dan dukanya. Enak sih bisa kerja santai dan kumpul keluarga. Tapi kadang jadi kurang fokus dengan pekerjaan (www.sitifaridah.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. artis yg buat vlog itu kumpul kluarga terus mba hehe

      Delete
  15. Masih menyesuaikan diri buat kerja dari rumah, untungnya ada kamar kosong biar gk keganggu bocil. Cuma sayangnya jadi kurang produktif, soalnya buka kulkas melulu, kekeke. Padahal harusnya kalau ada waktu luang dimanfaatin buat nyari income tambahan yah :)

    ReplyDelete
  16. Baru minggu depan mulai WFH. Ntah nanti apa yang akan dilakukan. Mungkin karena terbiasa kerja di kantor ya hehehe :)

    ReplyDelete
  17. yang penting mesti rajin dan konsisten. walau banyak peluang sekali pun kalau kita tidak tahu memanfaatkannya, tiada gunanya juga...

    ReplyDelete
  18. p/s sekarang saya sedang wfh sebab covid-19 selama 14 hari ;-)

    ReplyDelete
  19. Kalo sy emng bu rt jadi sehari" di rumah Aja:D, tpi msh ngeblog dan ngelakuin aktifitas sebisa mungkin, ato nambah duit dapur, agak kurang setuju dngn pernytaan bersikap masa bodoh dngn corona... Ttp peduli donk dngn lingkungan.. Yg pnting jangan kelewat panik aja... Maafkeun itu cmn pendapt pribadi saya πŸ˜€πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau IRT itu mah pekerjaan Mulia Mbak Hen...😊

      Meski terkadang orang menganggapnya biasa2 saja..😊😊

      Delete
    2. Mkasih kang Satria... Akhirnya ada juga yg bilang gitu... πŸ˜€

      Delete
  20. cool. thank you for sharing this. take care

    ReplyDelete
  21. Yang paling susah itu pekerjaan sampingan yang ada deadlinenya.
    Banyak yang menganggap, kalau kerjaan sampingan itu ya dikerjakan pada saat kerjaan lain selesai, padahal nggak bisa selalu kayak gitu, kalau deadline ya mau nggak mau kudu memikirkan prioritas :D

    ReplyDelete
  22. Gegara corona sih, sekolah dan tempat kerja pada diliburkan. Tapi, tetap saja ada warga yg bandel gak mau diem #dirumahaja.

    Kalo aku sih lebih prefer utk menjadi seorang freelancer, penulis lepas. Tapi iya itu gak mudah, butuh keseriusan hehe

    ReplyDelete
  23. Maraknya virus corona ini emg bikin banyak perusahaan kasih kebijakan wfh yaa. Sayangnya nggak berlaku buat guru, meski anak2nya belajar di rumah, gurunya tetap berangkat ke sekolah.. Huhu

    ReplyDelete
  24. sayangnya saya bukan yang termasuk WFH, tetap harus ngantor terus. Tapi artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  25. Skg ngalamin wfh cm malah jd ngasu bocah wkwkqk.. ujung2nya kerjannunggu anak tdr dl kak

    ReplyDelete
  26. Work from home di perusahaan multinasional memang menyenangkan, baik menyenangkan dari sisi dompet karena gajinya tebel boooo, juga jenjang karier yang menjanjiekeun

    ReplyDelete
  27. saya dah lama keja dari rumah..cuma sekarang kembali ke kantor kerana suasana lebih selesa

    ReplyDelete
  28. 3 tahun sudah saya menjadi penggiat work from home, hanya sesekali ke kantor kalau ada meeting atau training anak baru. Karena bekerja dari rumah memang membuat kita lebih productive dalam berbagai peran.

    Selain itu juga creating example buat anak bahwa di rumah pun emaknya tetap menghasilkan uang dan bisa mendampingi dia belajar.

    ReplyDelete
  29. Tidak semua pekerja bisa mendapatkan wfh hanya bidang-bidang pekerjaan tertentu dan memang kalau jeli waktu wfh bisa di manfaatkan untuk mendapat peluang menghasilkan usaha sampingan mendapatkan uang melalui internet karena wfh kan memakai koneksi internet jadinya pas banget.

    ReplyDelete
  30. Banyak juga ya, perusahaan yang kasih kebijakan wfh buat karyawannya. Tapi karyawan yang diberi fasilitas wfh ini nyatanya juga banyak yang menyalahgunakannya. Bukannya kerja di rumah, tapi kerja di taman, kerja di kafe, kerja di pantai, dan lain sebagainya. Nah, kalo gini kan sama aja gak meminimalisir penyebaran Corona.

    ReplyDelete
  31. Bagi sebagian orang, kerja dari rumah mungkin bisa dilakukan, tapi kayak saya yang seorang karyawan hotel, mau gak mau ya tetap harus datang bekerja ke lokasi. Ini tantangan bagi saya. Kalau gak gitu, ya gak ada revenue (gajian), karena dipotong jatah unpaid leave (cuti gak dibayar).

    Tapi beruntung yang sudah terbiasa kerja dari rumah dan berpenghasilan, sudah gak kaget dengan himbauan ini. Salah satunya dengan blogging di rumah, bisa menghasilkan ya

    ReplyDelete
  32. kerja santai dirumah kalau cerdas kreatif dan konsisten juga elegan keren banget...tapi sayangnya pada diri saya cuma teori tak mampu membuktikan kesuksesan kerja santai dari rumah

    ReplyDelete
  33. Masih tahap penyesuaian nih buatku ..., yang biasanya rutin kerja harian ikut orang sekarang jalani wiraswasta.
    Kok ya momen nya kebetulan berbarengan dengan momen antisipasi virus corona.
    Jadinya sepi banget 😰.

    ReplyDelete
  34. kebetulan kantorku juga memberlakukan WFH ini, sempet kepikiran untuk curi curi waktu ngeblog, mumpung. Kalau di kantor kadang ga bisa

    ReplyDelete
  35. Aku kerja di HSBC. memang sih yang di kantor pusat rata2 WFH. tp yang berhadapan lgs dgn nasabah terpaksa harus tetep masuk.. cuma setidaknya jam kerja kami di kurangi... dari jam 9-14 aja.. kalo sebelumnya kan jam 8-17.

    apapun, semoga virus ini cepet berlalu, cepet ditemukan vaksinnya.. aku sampe terlalu parno skr kalo udh mulai batuk dikit, pusing dikit, sakit tenggorokan... lgs pikiran jd jelek :(

    ReplyDelete
  36. Kalau ada usaha pasti ada jalan ...mendulang receh tapi dollar.. edan... receh rupiah aja masih susah dapatnya

    ReplyDelete
  37. bijak banget kalimat penutupnya, mengingatkan jika karyawan selesaikan tanggungjawabnya dulu,

    ReplyDelete
9127155806442794821