BLANTERVIO103

Menerapkan Desa Mandiri Demi Ketahanan Bangsa

Menerapkan Desa Mandiri Demi Ketahanan Bangsa
Monday, September 28, 2020
Menerapkan Desa Mandiri


Arenapublik.com - Desa mandiri merupakan membangun perekonomian desa secara tunggal dengan menerapkan potensi sumber daya alam yang terdapat di desa tersebut. Desa mandiri juga akan membuat masyarakat di desa tersebut lebih sejahtera, karena mereka mempunyai sumber ketahanan bahan baku pokok, listrik, dan perdagangan yang dikelola oleh perangkat desanya sendiri. Oleh karena itu, dengan menerapkan desa mandiri kita dapat memperkuat ketahanan Bangsa.

Kebanyakan dari kita mengetahui tentang desa hanyalah "Dana Desa" saja yang dijanjikan turun disetiap desa mencapai 1M setiap tahun nya. Pada kenyataan nya, ada sebagian desa yang tidak mendapatkan pemerataan dalam dana desa. Untuk hal tersebut bukan ranah kami untuk menjelaskan terkait aliran dana desa, dalam artikel ini kami ingin memberikan suatu pengetahuan terkait pentingnya menerapkan desa mandiri.

Untuk saat ini juga, kita sudah mengenal yang namanya otonomi daerah dimana setiap kepala daerah berhak menerapkan kebijakan sendiri tanpa perlu izin dari pusat langsung. Dalam hal ini kita sudah merujuk kepada desa mandiri secara tidak langsung, namun tidak menutup kemungkinan untuk setiap tempat menerapkan smart city di Indonesia.

Ternyata, terkait desa mandiri sudah diberlakukan undang-undang nya oleh negara Indonesia ini. Kalian bisa membuka rujukan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Dalam salah satu pasal no. 12 tentang desa yang berbunyi "pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, serta memanfaatkan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan desa".

Cara Menerapkan Desa Mandiri

Gambar 2 Menerapkan Desa Mandiri

Demi terealisasinya desa mandiri, akan banyak dampak positif yang akan terjadi. Bila kita lihat kondisi ekonomi dunia sekarang akibat pandemi Covid-19. Seluruh mata uang merosot, tidak hanya rupiah saja ternyata. Jadi, dengan adanya desa mandiri masyarakat di desa tersebut tidak akan merasakan efek merosotnya mata uang. Karena mereka sudah mandiri dari sektor pangan dan energi.

Cara menerapkan desa mandiri tersebut, kami mencoba untuk memberikan versi arenapublik.com:
  • Melakukan survey terhadap potensi setiap desa yang bisa dijadikan desa percontohan untuk membuat desa mandiri tersebut. Untuk data tersebut, kita bisa meminta langsung dari kedinasan desa tertinggal. 
  • Mencari sumber pendanaan untuk membangun desa mandiri, hal ini perlu diberlakukan karena kita akan membuat desa mandiri percontohan. Secara tidak langsung kebutuhan energi listrik harus mandiri tanpa ada sangkut paut PLN. Jadi, kita akan membuat power plant energi baru terbarukan dari solar cell, turbin angin, hingga mikro hidro.
  • Membangun gudang bahan baku pokok desa, hal ini juga sangat penting karena bisa digunakan untuk distribusi hasil panen seperti beras, sayuran, peternakan sapi, kambing, ayam, dan lain sebagainya. 
  • Membuat perangkat desa mandiri, orang-orang tersebut harus melakukan distribusi bahan pokok terhadap masyarakat desa yang terdaftar, agar stok dan distribusi bahan baku tepat sasaran.
Dari beberapa poin di atas terlihat sangat sederhana jika kita ingin menerapkan desa mandiri disetiap desa yang kita ketahui. Lalu muncul berbagai pertanyaan dari mana sumber pemasukan desa tersebut? kebutuhan untuk membeli pupuk tanaman, dan lain lain. 
  • Saat desa tersebut sudah memiliki sumber energi listrik mandiri, listrik yang dihasilkan bisa dijual ke PLN saat listrik untuk setiap masyarakat sudah terpenuhi.
  • Mengikuti pelatihan, bagaimana para petani bisa membuat pupuk organik yang baik untuk menghasilkan bahan baku pokok dengan kualitas terbaik. Untuk pakan ternak juga bisa diterapkan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.
  • Koperasi desa mandiri juga diperlukan, hal ini dibutuhkan untuk membantu desa disekitar yang kekurangan. Sistemnya akan perdagangan "barter". Jika desa A tidak bisa menghasilkan buah-buahan, tetapi desa B bisa menghasilkan buah-buahan. Maka akan dilakukan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan setiap desa.
Kita harus mengamankan bahan pokok pangan untuk bisa bertahan hidup 

Penutup dan Bukti

Dalam point cara menerapkan desa mandiri sudah kami sebutkan, bahwa dibutuhkan sumber pendanaan yang cukup. Atau seorang investor yang memiliki tujuan yang sama dengan tidak memikirkan benefit, bisa dikatakan sebagai wujud CSR perusahaan tersebut.

Kebetulan, di daerah Gresik tepatnya di desa Sekapuk. Kepala desa nya yang bernama Abdul Halim belakangan ini menjadi viral, dikarenakan beliau berhasil memanfaatkan lahan yang sudah tidak difungsikan sejak lama menjadi salah satu objek wisata yang sangat memiliki nilai jual, kuncinya hanya bermodal tekad dan keyakinan kalau ini akan berhasil. Hal tersebut berhasil kami rangkum melalui ngopi bareng dengan kepala desa Sekapuk yang sangat jeli memanfaatkan peluang meskipun dimasa pandemi seperti ini.

Pekerjaan untuk merealisasikan desa mandiri bukan suatu perkara yang muda, karena ini akan berbenturan dengan para kartel yang sudah mengatur peredaran bahan baku pokok. Tetapi hal ini perlu dilakukan agar masyarakat bisa hidup dengan nyaman, dan tidak terlalu terbeban akibat merosotnya nilai mata uang. Harapannya desa mandiri ini bisa segera jalan. Terkait peraturan undang-undang desa, kalian bisa langsung melihat di sini melalui situs resmi DPR RI. Terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Buen articulo te mando un beso

Balas

Terus apakah sudah ada desa mandiri di Indonesia kang? Kalo soal pangan sih oke, mungkin banyak desa yang bisa mandiri secara pangan, tapi kalo soal energi menurutku masih banyak desa yang tergantung dengan listrik dari PLN.

Balas

Semoga banyak desa terinspirasi dengan gerakan Desa Mandiri di artikel Arena Publik ini untuk ikut memulai bergotong royong antar masyarakatnya tanpa menunggu turunnya kucuran dana dari pemerintah yang belum cepat realisasinya.

Balas

Nah, kalau yang pakai power plan pake energi terbarukan jelas akan membutuhkan pendanaan besar...untuk bisa sampai pada pelaksanaan konkretnya sepertinya juga akan memakan waktu yang ga sebentar

Balas

Ditempat saya masih jauh dari harapan desa mandiri
sama sekali belum masuk ke katogori versi tersebut.

Balas

Yaa seharusnya memang semua desa sudah harus menerapkan sistem desa mandiri.

Meski fakta dilapangan terkadang masih jauh dari harapan. Banyak desa yang tak pernah ada perubahan sama sekali. Mengapa demikian alasannya pun sepele karena ekonomi, Dan banyak ditinggal penduduknya pergi ke kota dalam waktu lama.

Yaa semoga adanya sistem desa mandiri bisa membuat desa2 tertinggal punya pamor dan setara dengan perkotaan.😊😊

Balas

Desa Mandiri. Desa seperti ini tentunya bisa berhasil kalau disupport oleh pemerintah melalui dana desa dan juga support dari masyarakat. Sayangnya masih banyak Dana Desa yang diselewengkan. Mimpi Desa Mandiri bisa saja ambyarrr.. Hehehee..

Balas

Semoga saja tercapai desa mandiri. Karena kalau dari pemerintahan terbawah sudah mandiri,, 1 PR pempus sudah berkurang :)

-Traveler Paruh Waktu

Balas

Sebenarnya sudah bagus sekali konsep desa mandiri ini. Tetapi sayang, saya masih beberapa kali dengar baca berita soal penyelewengan dana desa. Ada yg kayak asal mbuat program saja. Di dekat saya, ada yg program nya kayak jadi mangkrak saja. Sayang bgt

Balas

Oke banget mas, konsep desa mandiri ini. Desa bisa mandiri secara pangan dan juga energi. Sayangnya diperlukan dana yang besar untuk mewujudkan hal ini. Selain dana juga dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Padahal kebanyakan orang desa yang pendidikannya tinggi malah melakukan urbanisasi ke kota.

Balas

Betul mbak mbul, energi terbarukan seperti air itu butuh kincir dan alat elektronik lain yang tidak sedikit, biayanya juga lumayan besar. Kalo dari desa saja sepertinya tidak akan cukup

Balas

Saya senang deh, zaman sekarang sudah banyak desa yang semakin maju, saya tahu banget, di masa 2 presiden sebelumnya, betapa lambat pembangunan di desa-desa terpencil :)

Balas

Penerapan desa mandiri membutuhkan SDM yang cakap sehingga tidak hanya asal membangun kemudian ditinggal. Pengalaman beberapa bumdes yang membangun desa wisata setelah itu ditinggal. Sayang sebenarnya.
Salah satu dusun di desa saya menggunakan listrik mandiri menggunakan tenaga air sungai yang melimpah. Tetapi itu bukan dari dana desa melainkan bimbingan dari CSR PLN hehehe.

Balas

menerapkan desa mandiri ini sagat penting ya mas, apalagi di tengah hiruk pikuk akibat corona ini

Balas

susah-susah gampang ya membangun desa mandiri. Apalagi butuh investor yang kenceng juga ya untuk pendanaan..

Balas

Di tengah pandemi corona ini, saya baca di salah satu akun IG yang saya ikuti, ada desa yang hampir mirip seperti ini. Masyarakatnya tidak terpengaruh dengan harga-harga bahan pokok di pasaran yang mahal karena mereka bisa mencukupi sendiri. Organik pula.

Balas

Andai semua poin tersebut bisa dijalankan, pasti desa-desa menjadi maju dan masyarakatnya bisa sejahtera.

Balas

iya mba, kalau ada investor besar mungkin bsa cepat.

Balas

betul mas, semoga aja deh ini. saat nya kita ga tergantung dengan pendaan "utang"

Balas

alhamdulillah,. tinggal sumber pokok nya saja kalau gitu mba

Balas

butuh orang dermawan yg mau kluarin dana cukup besr

Balas

Kok bisa begitu kenapa, mas?

Balas

kayaknya di Jember belum ada desa mandiri seperti yang diharapkan pemerintah. perlu kerja keras juga untuk mewujudkan suatu desa mandiri, asalkan warganya bisa diajak kompromi dengan baik mungkin bisa tercapai pelan pelan

Balas
9127155806442794821