BLANTERVIO103

Cara Mudah Membuat Absensi Online Dengan Appsheet

Cara Mudah Membuat Absensi Online Dengan Appsheet
Friday, September 25, 2020
Membuat Absensi Online Dengan Appsheet


Arenapublik.com - Tahun 2020 merupakan tahun tersulit dikarenakan adanya pandemi yang membuat orang  membatasi kontak fisik terhadap orang, oleh karena itu banyaknya inovasi yang berkembang salah satunya membuat absensi online dengan appsheet di mana pengguna tidak perlu bersusah payah dalam kontak fisik absen menggunakan finger, tetapi bisa menggunakan foto langsung. 

Fitur yang ditawarkan oleh appsheet juga tergolong lengkap, kita bisa menambahkan fitur penambahan foto dan lokasi GPS berdasarkan kondisi real dari user tersebut dengan smartphone mereka masing-masing. Terlebih back up data nya pun termasuk mudah, karena dari bantuan appsheet tersebut sudah terkoneksi dengan spreadsheet dari google. Hal ini menjadi nilai lebih untuk meminimalisir penggunaan perangkat keras dan mengoptimalkan penggunaan cloud file. 

Bila kita melihat alat absensi dengan sidik jari, dapat dihargai dengan jutaan rupiah. Dengan menggunakan appsheet yang sudah terintegrasi dengan google, kalian tidak memerlukan biaya apapun. Alias gratis 100% dan tanpa memerlukan keahlian coding sama sekali. Karena cukup mengatur sendiri by user.


Membuat Absen Online Dengan Appsheet

Pada sub paragraf berikut ini, kami akan langsung memulai dan membahas bagaimana cara membuat absen online dengan appsheet plus tambahan fitur kamera. Yang bisa langsung ter integrasi dengan smartphone kalian.

Perlu diingat, tutorial yang kami berikan masih sangat sederhana. Kalian bisa mengembangkan lebih lanjut untuk mendapatkan kepuasan tersendiri. Dan menyesuaikan kebutuhan kalian masing-masing.
  • Silahkan login menggunakan akun google mail kalian masing-masing, lalu pilih google drive. Pilih new, dan google spreadsheet. Untuk lebih jelas bisa melihat gambar di bawah ini.
  • Selanjutnya, kalian membuat tabel dengan kolom yang terdiri dari: Nama, Jam, Tanggal, Divisi, Foto, dan lain sebagainya. Tergantung file apa yang ingin kalian tampilkan saja. 
  • Tahap berikutnya adalah, langsung membuka appsheet.com untuk memulai membuat absen online tanpa coding, pada tahapan selanjutnya akan kami jelaskan banyak menggunakan gambar.
  • Setelah terbuka halaman appsheet, selanjutnya kalian cukup klik start for free di halaman appsheet lalu akan muncul halaman seperti gambar di bawah.
  • Pilih start with your own data. Setelah kita klik menu tersebut, maka akan muncul menu untuk mengisi keperluan aplikasi seperti gambar di bawah.
  • Isi sesuai keperluan kalian saja, app name tidak perlu sama dan kategori pilih other saja. Lalu kalian akan diarahkan menuju file spreadsheet.
  • Dalam contoh ini, nama dokumen dari file nya kami buat untitled spreadsheet karena kami tidak mengganti nama dokumen tersebut. Setelah kita pilih dokumen tersebut, kita akan dihadapkan dengan menu appsheet.
  • Langsung menuju pada bagian kolom untuk memulai edit. Perlu diingat, untuk setting type data dari kolom yang sudah kita buat bisa kalian tiru dari contoh yang sudah kami buat sebelumnya. Silahkan lihat pada gambar di bawah ini untuk detail nya. 
  • Pada kolom nama dan divisi yang kami buat, kalian cukup ganti type dengan Enum. Hal ini dikarnakan untuk mempermudah kalian menambahkan database nama karyawan atau siswa dan dari divisi mana saja mereka. Untuk memasukkan nama, kalian bisa klik edit tepat di sebelah kiri dari tulisan Nama dan Divisi.
  • Selanjutnya beralih ke bagian jam dan tanggal. Agar kedua menu tersebut tampil secara real time. Perlu kita deklarasikan terlebih dahulu pada initial value nya. Scroll ke kanan, cari kolom initial value. Edit sesuai gambar di bawah ini.
  • Jika sudah, maka kalian bisa melihat tampilan dari aplikasi yang kita buat dalam preview yang tersedia dari appsheet. Dan klik save. Aplikasi absen online sudah siap digunakan dan bisa dicoba kepada rekan kita untuk mencoba nya.
  • Hasil dari aplikasi yang kami buat dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini, sangat sederhana tetapi sangat bermanfaat.

Pada dasarnya, kita bisa membuat banyak hal dalam penerapan appsheet ini. Tetapi pada kesempatan ini, kami ingin membahas bagaimana cara membuat absen online saja, karena pada masa seperti ini sangat cocok dan banyak dicari bagaimana cara membuat absensi online.

Karena sebelumnya kami pernah melihat dari salah satu artikel tentang cara membuat absen online dengan zoho oleh karena itu, kami juga tidak ingin ketinggalan untuk membuat aplikasi online berbasis website dengan appsheet. 

Untuk mencoba aplikasi yang sudah kami buat, silahkan klik link berikut ini. Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga tutorial singkat membuat absensi dengan appsheet dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. Baru tau google form bisa ditingkatkan dgn appsheet. siap dicoba bang. Trims ya

    ReplyDelete
9127155806442794821