BLANTERVIO103

4 Poin Utama Bagi Freshgraduate Untuk Mendapatkan Pekerjaan

4 Poin Utama Bagi Freshgraduate Untuk Mendapatkan Pekerjaan
Wednesday, December 9, 2020

4 Poin Utama Bagi Freshgraduate Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Arenapublik.com - Sebagai fresh graduate kerap kali membuat mental kita goyah saat ditanyakan pengalaman pekerjaan terlebih pada saat interview dan ditanyakan seputar gaji yang diminta berapa. Namun acap kali kita kesampingkan juga beberapa poin penting yang harus dimiliki bagi fresh graduate agar mereka bisa mendapatkan pekerjaan pertamanya. Terlebih saat masa pandemi seperti ini, di mana setiap para lulusan diminta untuk menjadi seorang manusia super yang bisa segalanya.

Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan beberapa poin utama agar kalian sebagai freshgraduate setidaknya memiliki bekal meskipun hanya sedikit. 

Bisa jadi menceritakan pengalaman pribadi dari penulis dan membaca dari tulisan para pencari kerja juga yang masih seorang fresh. Harus kalian perhatikan bahwa pekerjaan pertama kalian akan sangat menentukan karir kalian berikutnya, jika dirasa tidak nyaman jangan berusaha untuk dinyamankan agar tidak terjebak di dalam lingkaran hitam.

Hal yang Dibutuhkan Freshgraduate Untuk Mendapatkan Kerja

1. Membuat CV Apa Adanya Sesuai Pengalaman

Untuk orang yang masih bergelar lulusan baru, membuat CV adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan. Sebagai jalan pembuka agar kalian bisa dilirik para head hunter dari setiap perusahaan, ada baiknya kalian membuat riwayat hidup secara transparan dan apa adanya. 

Seperti contoh kalian berpengalaman dalam organisasi atau event apapun itu, tulis saja semua yang pernah kalian ikuti. Tidak perlu membuat gaya CV se kreatif mungkin, jika memungkinkan untuk menampilkan daftar riwayat hidup secara polosan juga tidak apa.

Terdapat beberapa poin penting juga bagi para HRD yang melakukan filter CV melalui aplikasi untuk melihat kualitas dari CV yang kalian buat. Untuk mengetahui berapa skor dari curiculum vitae milik kalian, bisa lakukan pengecekan pada artikel yang telah kami buat sebelumnya Cara Mudah Cek Skor CV Online.

Jangan terpaku untuk membuat 1 halaman saja, jika dirasa lebih dari 1 halaman pun tidak apa untuk memberi tahu para head hunter apa saja yang sudah kalian kerjakan selama masa kuliah. 

2. Melamar Kerja yang Sesuai Dengan Lowongan

Pada paragraf sebelumnya juga sudah kami jelaskan bahwa karir anda ditentukan pada pekerjaan pertama kalian, jadi sebisa mungkin untuk mendaftar kerja sesuai dengan skill dan latar belakang pendidikan yang kalian miliki. 

Contoh seperti, lulusan teknik melamar kerja sebagai engineer operator ataupun sama yang posisi sebagai engineer. Itu sangat membantu para head hunter untuk melakukan filter calon pekerja yang akan mereka terima, bila terdapat lowongan management atau sejenisnya kalau bisa kalian jangan ikut melamar jika tidak terdapat diperbolehkan semua jurusan atau masih relate dengan jurusan teknik.

Setiap posisi dan lowongan pekerjaan biasanya para head hunter sudah memprediksi dar lulusan mana saja mereka akan memanggil calon pekerjanya agar sesuai dengan standar kompetensi dari perusahaan masing-masing. 

3. Sopan dan Santun

Selanjutnya adalah sifat sopan santun yang wajib dimiliki oleh setiap pelamar kerja, tidak harus freshgraduate saja. Tapi poin ini berlaku untuk seluruh pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan barunya, karena akhlak yang baik akan mendapatkan tempat yang baik juga dalam kerjaan nya. 

Maksud dari memiliki sifat sopan dan santun yang baik adalah dalam merespon undangan interview, seringkali para staff human resource memanggil kandidat terkuatnya dalam bentuk undangan via e-mail atau kirim pesan whatsapp. Sebagai calon pekerja yang baik, kita harus membalas atau merespon undangan tersebut dengan kata yang sopan.

Contoh: "Terimakasih atas undangan interview/tes psikologi dari Bapak/Ibu, saya akan memenuhi undangan tersebut" dan sejenisnya. 

Biasakan untuk menggunakan kata terimakasih atau maaf jika tidak bisa, atau lakukan negosiasi waktu jika kalian tidak bisa datang sesuai tanggal yang ditentukan oleh perusahaan.

4. Kemampuan Berbahasa Asing

Terkahir, sebagai hal yang harus kalian miliki untuk mendapatkan pekerjaan pertama kali sebagai freshgraduate adalah kemampuan berbahasa asing yang baik. Bisa seperti bahasa inggris, cina, jepang, dan lain-lain. 

Sebagai pembeda dari pelamar lain, tentunya kita harus memiliki kemampuan atau skill yang tidak dimiliki oleh pesaing kita tentunya. Dan kami rasa di jaman sekarang, skill berbahasa inggris sepertinya sudah menjadi kewajiban karena kita sedang memasuki tahap globalisasi. 

Diusahakan kalian harus menyiapkan skill berbahasa yang lain agar menjadi nilai tambah. Jika kalian ingin melamar di perusahaan jepang, ada baiknya kalian bisa berbahasa jepang untuk level beginer setidaknya. 

Peningkatan kemampuan pada diri sendiri tidak ada salahnya untuk dilakukan, jangan kalian jadikan beban dan alasan untuk tidak menjadi pribadi yang kompeten di masa mendatang.

Nah, sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai 4 poin utama bagi FG agar mendapatkan pekerjaan. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari pekerjaan atau yang ingin mencari pekerjaan. 

Dari kesemua poin di atas, kami menekankan pada poin ke tiga. Di mana kita masih hidup berdampingan dengan manusia, akhlak yang baik dengan sopan santun akan selalu mendapatkan tempat yang baik juga kedepannya. 

Jangan lupa share artikel ini kepada teman sejawat kalian agar mereka mendapatkan informasi tembahan yang dibutuhkan, terimakasih. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 comments:

  1. ini ilmu bagi seorang fresh graduate nih, dengan ini cari kerja pasti lebih mudah, mudah-mudahan

    ReplyDelete
  2. Tips yang sangat berguna buat para fresh graduate nih, moga-moga abis bacanya mereka mudah dapat kerjaan.

    ReplyDelete
9127155806442794821