BLANTERVIO103

Knowledge Skill Menjadi Sales Yang Wajib Diketahui

Knowledge Skill Menjadi Sales Yang Wajib Diketahui
Wednesday, January 22, 2020
Arenapublik.com - Menjadi seorang sales tidak hanya sekedar menjual barang saja, tetapi ada tips dan trik yang wajib diikuti oleh setiap sales agar mereka berhasil melakukan closing berkali-kali. Pada artikel ini kami ingin membahas skill menjadi sales, syarat-syarat menjadi sales marketing tidak terlalu susah. Cukup percaya diri dan baik dalam berkomunikasi dengan orang baru saja, cara berbicara menjadi sales pun harus kita perhatikan agar calon customer merasa nyaman saat berkomunikasi dengan kita.

Sales Knowledge Skill
Gambar 1 Cover Knowledge Skill Menjadi Sales

Artikel mengenai knowledge skill menjadi sales pemula ini kami angkat dari materi yang dibagikan oleh salah satu "suhu" sales, yaitu Bpk. Prasetyo Adi Nugroho dalam halaman Linkedin nya tim kami berusaha mengulas bagaimana rahasia jurus sakti menjadi sales yang hebat, dan beliaupun tidak ragu untuk sharing ilmu melalui tulisannya juga.

Sales Knowledge Skill 

Ada 4 hal wajib yang perlu diketahui bagi para calon sales atau orang perseorangan yang sedang berkutat dibidang sales untuk meraih profit besar yang dibahas, sebagai berikut:
  • Product Knowledge: Sebelum kita ingin menjual suatu barang, kita wajib mengetahui barang apa yang kita jual ini. Bagaimana kita bisa meyakinkan seorang calon customer jika kita tidak bisa menjelaskan dengan baik terkait product apa yang kita jual.
  • Company Knowledge: Perusahaan tempat kita bernaung merupakan kunci utama untuk sukses menjadi sales, dengan kita dapat menjelaskan histori perusahaan atau road map. Kita dapat meyakinkan calon customer untuk mempercayai produk dari perusahaan kita.
  • Competitor Knowledge: Tahapan penting adalah kompetitor dari produk yang kita jual seperti apa, apa keunggulan dari produk yang kita miliki dari kompetitor yang ada, bisa terletak di harga hingga kualitas. Kita wajib tahu celah kompetitor tersebut.
  • Customer Knowledge: Terakhir adalah calon customer, jadi kita harus mengetahui dengan siapa kita sedang menawarkan barang. Jangan sampai kita "disetir" oleh calon customer yang menyebabkan tidak percayanya calon customer tersebut dengan kita.
Untuk lebih lengkapnya kami telah menyediakan e-book kecil-kecilan yang dibuat oleh Prasetyo Adi Nugroho mengenai Knowledge Skill Menjadi Sals tersebut, poin-poin menjadi sales pun sudah dijelaskan dengan baik.

Perlu juga diketahui bahwa sales adalah orang perseorangan yang melakukan transaksi jual beli barang antara pelanggan dan pemilik barang. Kunci kesuksesan suatu perusahaan jelas berada dari tim sales nya tersebut, semakin banyak barang yang laris terjual maka profit dari perusahaan tersebut akan terus melejit, oleh karena itu kami ingin mengangkat jurus sakti menjadi sales yang hebat.

Persyaratan Menjadi Sales

Lowongan sales executive sangat banyak terbuka bagi setiap kalangan, dan requirement untuk melamar pada posisi sales executive pun tidak diperlukan berasal dari jurusan khusus, persyaratan profesional menjadi sales adalah sebagai berikut, mengutip dari lowongan sales executive dari berbagai perusahaan.
  • Latar belakang pendidikan, setidaknya minimal SMA hingga Sarjana.
  • Bisa berpengalaman atau fresh graduate tergantung permintaan dari perusahaan tersebut.
  • Maksimal usia dari pelamar pekerjaan dan domisili pun dapat diperhitungkan.
  • Memiliki mobilitas yang tinggi, dengan itu kita diwajibkan untuk memiliki SIM C dan A untuk menunjang hal tersebut. 
  • Baik dalam komunikasi pastinya dan menguasai bahasa asing.

Penutup

Dalam penjualan jika sudah terjadi kata DEAL maka kita juga wajib menjaga customer tersebut agar terus melakukan repeat order dan memberikan referensi terhadap perusahaan kita terutama kita seorang sales agar untuk pembelian produk A dapat dilakukan oleh kita.

Cara menjaga customer tersebut adalah dengan dilakukannya sistem after sales atau dengan melakukan pertanggung jawaban terhadap barang yang kita jual terhadap customer, sehingga langkah tersebut untuk mendapatkan kepuasan dari customer tersebut.

Gaji sales executive yang dapat diraih bersifat fluktuatif, tetapi perusahaan sudah menetapkan gaji pokok untuk para sales tersebut. Bonus akan diberikan jika kita berhasil melakukan closing terhadap customer dan repeat order. Untuk membaca e-book lainnya dapat merujuk ke link ini dan jika ingin mendapatkan uang online dapat merujuk ke sini terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Gaji sales biasanya emang mengikut hasil dan kerja keras dari karyawannya.. jika kasi kondite yang baik biasanya gajipun akan segera naik

Balas

saya pernah mas jadi sales, tapi umurnya cuma seminggu, malu saya besar sekali waktu itu hehehehe

Balas

Saya kurang berbakat jadi sales.

Balas

Yang jelas, harus pinter ngomong sih hehehe. Saya salut sama teman-teman yang ulet saat menjabat sebagai sales suatu produk. Tidak hanya sabar dalam menghadapi beragam calon customer tetapi memang harus paham betul produk yang akan ditawarkan :)

Balas

betul sekali mba, alur kerjanya begitu hehe

Balas

betul mas, modalnya emag harus pede dulu hehe.

Balas

betul sekali mas, tantangan nya emang begitu nih.

Balas

sales adalah salah satu pekerjaan yang menantang

Balas

Saya dulu tuh benci banget sama sales, eh sekarang malah tertarik mempelajari sales, menurut saya sales itu punya kelebihan mengarahkan orang untuk membeli produknya :)

Balas

Dulu zaman SMA pernah coba ikut jadi sales, cuma enggak bisa lanjut karena harus selesaikan pendidikan lebih dulu.

Balas

wah, saya tdk punya skill tuh untuk menjadi seorang sales...
saya lbh milih jd blogger... hehe :D

Balas

Memang betul sih, sales harus mengetahui produk yang dijual dengan baik agar jika konsumen tanya-tanya dia bisa menjelaskan dengan baik, beritahu apa keunggulan dari produk tersebut dibandingkan kompeterior.

Tapi jadi sales berat, harus pede menjual termasuk jika disindir kok harganya mahal dll.😁😂

Balas

Pernah ikut sales tapi langsung berhenti gak bakat plus gak pede hehe

Balas

Saya punya teman, sangat mahir sekali menjadi sales.
Kadang saya dibuat terheran-heran.
Ada saja konsumen yang mau membeli produknya.

Balas

iya sih, saya tahunya juga sales bisa menjual barang dengan mengetahui apa yang dijualnya, tapi untuk lebih lengkapnya ini bisa jadi bacaan untuk lebih memahaminya, Terima kasih infonya.

Balas

memang betul...

kalau salesman tiada knowledge..saya nak beli pun tidak yakin

Balas

wah, bagus ini ebooknya..
saya dari dulu paling gak bisa jd sales, gak pede aja dalam promosiin barang ke orang2 secara langsung.

tapi kalo skrg bisa melalui internet/socmed sih pede-pede aja. . hehe..

Balas

Meski aku blm pernah berkecimpung di dunia marketing, yg jelas ini penting bgt buat temen2 yg mau memulai karir marketing

Balas

Intinya jadi Sales itu ada suka dukanya tetapi jika berbakat sales itu sebuah pekerjaan yang menyenangkan lho...Karena bertemu dengan orang banyak.😀

Balas

Sepakat dengan point-point yang disampaikan di sini, sebagai seoarnag sales saya bisa bilang kalau knowledge of products, company, clients and competitor ini bisa boost PD kita :D

Balas

yang penting bisa persuasif ya kalau jadi sales itu :D

Balas

Ini bermanfaat sekali untuk para sales. Yang paling diinginkan sales selain mendapatkan customer sebanyak-banyaknya, juga adanya repeat order yang dilakukan oleh customer. Jadi sales juga harus melayani dan membuat customer merasa diuntungkan jika menggunakan atau membeli barang/jasanya.

Kalo aku pribadi sih gak bakat jadi sales. Karena aku orangnya pemalu. Hehehe.

Balas

Cuman kadang2, mohon maaf, bayarannya tidak seimbang dengan biaya yang harus dikeluarkan. Kakakku dulu pernah ngelamar kerja jadi sales buku pelajaran. Mungkin karena gak imbang antara biaya sama penghasilannya, makanya langsung off dulu :)

Balas

pernah mencoba pekerjaan bidang sales. yang awalnya pemalu, takut menawarkan produk, jadi ngepush diri sendiri buat penjualan hehe. kepepet adalah kunci.

Balas

jadi sales itu tantangan yang besar banget.. susah2 gampang.. harus percaya diri dan berani. harus sok akrab juga .. hhihi.
saya pernah nyoba beberapa hari jadi sales btw..

Balas

hati juga perlu kental sebab bidang sales ni naywa kepada sesebuah perniagaan. mati sales, matilah perniagaan

Balas

sales itu emmang ujung tombaknya sebuah perusahaan, ya. dia yang paling aktif membuat sebuah produk ditukar dengan sejumlah uang.

Balas

Kudu pinter ngomong juga yakan kalo jadi sales? Nah ini yang agaknya kurang bisa untuk saya :(

Balas

Orang yang ga jago komunikasi seperti saya, kayanya ga mungkin jadi sales, hehe

Balas

jadi sales ternyata susah banget ya perlu skill

Balas

semangat menjadi sales yang berpengalaman hehehhee

Balas

ternyata jadi sales butuh ilmu yang mumpuni juga ya :D makasih kak

Balas

Yang paling kasihan tuh kalau syarat khususnya mesti memiliki kendaraan pribadi. Belum kerja mungkin ya belum ada duit, masa kudu cari pinjaman buat beli motor minimal ya :(

Balas

thank you for sharing this

Balas

Betul mas, tanpa 4 knowledge tersebut pasti sales tidak punya pedoman untuk menjual yaa. Ternyata nggak mudah jadi sales 😊

Balas

Bener banget nih ilmunya memang knowladge dan pasang muka badak serta jangan baperan

Balas

Thank you for sharing!!
Have a great week! 😍😍😍

Balas

Pengen nyobain profesi yang satu ini, siapa tau bakat

Balas

pernah punya pengalaman jadi sales.. dari situ saya belajar banyak hal tentang marketing dan ilmu komunikasi mas.hehe

Balas

Aku basicnya itu operation di bank tempat aku kerja skr mas. Tp lama2, staff operationpun hrs berubah dan hrs ngerti cara jualan. Kami dituntut utk bisa begitu. Produk yg dijual ya rekening tabungan. Tp jujur yaaa, aku ga terlalu bisa dlm hal ini. Ntahlah, mungkin Krn masalah komunikasi yg dari dulu aku ga begitu lancar. Maklum , aku LBH suka bekerja dr belakang meja :).

Dan alasan kenapa aku mau mengundurkan diri dr sini, ya Krn ini juga. Aku udh coba, dan sepertinya memang ini bukan bidangku. Jd drpd aku tertekan lama2 , ya mnding kluar dan Alhamdulillah dpt tawaran utk menjadi accountant di perusahaan lain setelah resmi kluar nanti. Krn accounting memang basic skill ku, ya jelas aku ambil :D. Walopun jujur aja dr segi benefit msh kalah dr perusahaan yg skr ini. Gpp lah, yg ptg nyaman :)

Balas

Jadi sales itu memang gak mudahhhh, harus tahan banting. Saya termasuk yang gak bisa masuk dunia sales. Pernah nyoba, tapii nyerahhhh. Gak kuat sama target dan targettt, secara tipe easy going disuruh target oriented, bubrah lahhh, xiiiiii

Belum lagi pressure dari customer yang ngomel, ini bikin makin pusing tujuh keliling

Tapiiii, saya salut sama orang-orang yang berhasil di bidang sales ini, orang-orang yang tangguhhh!

Balas
9127155806442794821