Friday, March 13, 2020

Memanfaatkan Status Mahasiswa di Dunia Perkuliahan

Arenapublik.com - Memanfaatkan status mahasiswa secara optimal saat di dunia perkuliahan hukumnya wajib dilakukan, karena kita memiliki banyak akses kemana-mana dan kesempatan untuk pergi jalan-jalan sangat terbuka lebar, pastinya hal itu semua dilakukan dengan biaya yang sangat minim hingga gratis. Masa menjadi mahasiswa memang masa yang paling mengasyikkan, tetapi kita jangan sampai terlena hingga sampai kewajiban untuk lulus.

Gambar 1 Cover Memanfaatkan Status Mahasiswa

Seperti yang kami jelaskan dalam paragraf pertama sebelumnya, bahwa memanfaatkan status mahasiswa mempunyai banyak dampak positif dan keuntungan status mahasiswa banyak sekali yang dapat kita rasakan. 

Dari jaman dahulu, kita mungkin sering mendengar mahasiswa kupu-kupu atau biasa dikenal dengan mahasiswa kuliah pulang, karena tidak memiliki aktifitas apa-apa setelah jam perkuliahan. Dalam hal ini kita harus telusuri terlebih dahulu, mahasiswa tersebut pulang ke mana atau tujuanya. Bisa jadi kita sering mengetahui mahasiswa yang sering rapat dan mengadakan perkumpulan justru tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mahasiswa kupu-kupu.

Upaya Memanfaatkan Status Mahasiswa

Sebagai mahasiswa kita jelas dapat menjadi apa saja yang kita inginkan dan kita bebas melakukan apa saja yang kita inginkan, tapi perlu diingat untuk melakukan semua hal yang dikira masih baik jangan sampai salah jalan. 

Manfaat Menjad Mahasiswa
Gambar 2 Manfaat Menjadi Mahasiswa

  • Kuliah sambil kerja: banyak mahasiswa yang menyempatkan waktunya untuk mengisi waktu luang untuk mencari pekerjaan part time, freelance, atau pekerjaan casual. Hal ini dikarenakan para mahasiwa memiliki banyak waktu luang, jadi cara mereka memanfaatkan waktu tersebut adalah mencari pengalaman bekerja part time. 
Baca Juga: Kerja atau Kuliah, Mana yang Lebih Penting
  • Berbisnis: upaya berbisnis dengan memanfaatkan status mahasiswa juga sering kita jumpai dikalangan mahasiswa milenial sekarang, baik itu mereka berjualan menjadi seorang dropship, reseller, atau bahkan menjadi makelar tidak ada yang tahu, kerja kreatif diwajibkan bagi kita sebagai mahasiswa agar pada saat lulus nanti bisa menjadi orang yang mandiri atau berwirausaha.
Gambar 3 Menjadi Mahasiswa Produktif

  • Mahasiswa Proyek: sudah sangat tidak lazim bagi sebagian mahasiswa menjadi seorang mahasiswa proyek, manfaat yang dirasakan saat kita menjadi mahasiswa proyek adalah kita bisa mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan-perusahaan yang menjadi basis utama dari jurusan perkuliahan kita. Biasanya para dosen-dosen sering mengajak beberapa mahasiswa untuk ikut proyek agar kita sebagai mahasiswa mendapatkan pengajaran ilmu langsung dari perusahaan bersangkutan, pastinya kita akan mendapatkan bayaran ya.
  • Mahasiswa Internasional: nah untuk yang satu ini sudah pasti jelas, banyak dari mahasiswa memanfaatkan status mahasiswanya tersebut untuk mengikuti berbagai program internasional yang diselenggarakan oleh berbagai kampus dari berbagai negara juga. Biasanya kampus tersebut memberikan diskon khusus untuk para mahasiswa atau bahkan memberikan program fully funded di mana semua biaya akomodasi, makan, dan lain-lain ditanggung oleh pihak penyelenggara.
  • Mahasiswa Lomba: terakhir yang menurut kami peran mahasiswa selalu ada untuk menikmati masa-masa sebagai mahasiswa adalah mengikuti kompetisi, baik itu kompetisi menulis karya tulis hingga perlombaan. Dalam upaya tersebut sudah pasti jika kita terpilih menjadi salah satu finalis kita bisa sekalian jalan-jalan mengunjungi kota atau negara tujuan lomba, terlebih jika kita beruntung juga berhasil memenangkan perlombaan tersebut.

Penutup

Pada dasarnya banyak sekali kesempatan yang dapat kita lakukan dengan status mahasiswa yang kita miliki, asalkan kesempatan itu bisa kita gunakan sebaik mungkin. Tidak hanya poin-poin yang kami sebutkan di atas saja benefit yang bisa kita dapatkan dengan menyandang status mahasiswa, sebagai contoh jika kita ke suatu toko atau restoran, kita menunjukkan kartu mahasiswa saja biasanya akan mendapatkan potongan diskon 10%.

Gunakan masa-masa menjadi mahasiswa dengan sebaik mungkin, karena manfaat status mahasiswa akan membawa kita sebagai pribadi yang lebih berkompeten juga.

Arenapublik.com adalah media informasi terkini yang memberikan berbagai macam pengetahuan untuk masyarakat Indonesia dan memberikan berbagai macam tutorial secara gratis.

26 comments:

  1. Dan juga mahasiswa yang nantinya ingin jadi dosen tentu harus rajin menulis. Sarana yang paling tepat dan kekinian adalah bikin blog hehe... Saya salut dengan desain blog ini simpel tapi kekinian

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul pak, dengan blog adalah sarana untuk menulis. dan saya juga tidak terlalu suka yang ribet pak, jadi yang sederhana saja blog nya dan konten nya sebisa mungkin enak dibaca

      Delete
  2. Selagi ada kesempatan dimanfaatin sebaik"nya,btw kalo kamu selaku penulis termasuk mahasiswa yg mana yaah 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya proyekan terus mba hihi dan lomba, tapi udah lulus kok :D

      Delete
  3. very good post. have a good day.,

    ReplyDelete
  4. Aku malah menyesal dulu kuliah organisasi wkwk harusnya aku kuliah kerja aja, sekarang. Banyak teman tapi nggak guna, yang kubutuhkan sekarang duit. pengalaman organisasi penting sih, tapi aku kan butuh duit wkwk

    Sebelumnya aku nggak tau bahwa mahasiswa banyak jenisnya ya. Cuma mentok kupu kupu sama kura kura. Jadi menambah wawasan

    ReplyDelete
  5. Iya nih banyak lomba yang harus mahasiswa atau anak sekolahan.. Jadi sebelum lulus harus diambil semua tuh kesempatannya hihihi

    ReplyDelete
  6. mahasiswa internasional.. gw ngiri banget, kemaren ada ponakan gw yang yang abis dari malaysia karna mengikuti program dari kampusnya, dan memang gratis, dari perjalanan sampai makan dan tempat tingggalnya :)

    ReplyDelete
  7. suerte con los estudios, buen fin de semana

    ReplyDelete
  8. Jd pengen balik ke masa masih mahasiswa, wqwqwq
    Dlu kampus-kos-jualan-jalan2 gitu terus, alhmdulillah jalannya mulussss kuliah berasa ga ada tantangan, lulus cepet, bahagiaaaa

    ReplyDelete
  9. Yah. Saya dulu mahasiswa kupu kupu hehe

    ReplyDelete
  10. Mas. Coba main ke blog ku. Sekarang temanya udah bagus wkwk

    ReplyDelete
  11. Saya dulu kuliah pengen kerja dong tapi nggak ada kerjaan yang nerima saya, maklum dulu zaman jadul, kerjaan ya cuman jadi SPG gitu, banyak teman-teman yang kerja gitu.
    Saya nggak PD soalnya kudu pakai rok mini gitu, meskipun belum jilbaban tetep aja risih :D

    Sekarang mah enak banget, bahkan punya hape doang udah bisa dimanfaatkan sesuai hobi

    ReplyDelete
  12. jangan disia-siakan nih, mumpung bisa dicoba

    ReplyDelete
  13. Yang jelas, enaknya jadi mahasiswa adalah: tanggung jawabnya masih ke diri sendiri. Mau nyoba melakukan apapun, resikonya ya cuma diri sendiri. Ntar kalau udah kerja, apalagi kalau berkeluarga, resikonya bisa berlipat-lipat karena ada orang lain yang juga ditanggung.

    ReplyDelete
  14. Sekarang mahasiswa benar2 harus memnafaatkan kesempatan yg ada itu ya, sebab kesempatan ga bakal datang dua kali.

    ReplyDelete
  15. tak salah untuk mahasiswa aktif dalam pelbagai lapangan tapi jangan sampai study terabai dan keciciran hingga buat orang tua sedih. sudah ramai yang terjebak dalam masalah sebegini. ada seorang mahasiswa ketika saya study dulu, dia telah di failed kan oleh pihak universiti sebab selalu absent kelas. ini kerana ketika itu dia terlibat dengan dunia glamour (jadi pengacara TV). tapi dia beruntung selepas itu kerana berkahwin dengan anak VVIP hahaha

    ReplyDelete
  16. hehehe, kalau ingat dulu masa kuliah, sering kali saya memanfaatkan status mahasiswa saya dengan demontrasi, kemudian cari proposal dan lainnya :D

    ReplyDelete
  17. betul banget, selagi jadi mahasiswa harus banyak dimanfaatkan terutama mengikuti kegiatan2 yg bisa menambah skill saat kita kerja nanti. seperti ikut organisasi contohnya.

    kalo doyan lomba seperti saya, selagi jadi mahasiswa juga harus manfaatkan sebaik2nya. krn merasakan bgt waktu awal2 lulus, pengen ikut lomba tapi kebanyakan syaratnya adalah mahasiswa. huhu

    ReplyDelete
  18. ternyata banyak juga ya, yang bisa dilakukan saat menjadi mahasiswa

    ReplyDelete
  19. Mahasiswa proyek sepertinya menarik..

    ReplyDelete
  20. Keren kalau bisa menjalankan itu semua secara seimbang
    Pasti istilah berprestasi bakal lekas dikantongi juga jadi calon mantu idaman huehe

    ReplyDelete
  21. Dulu masih status kuliah belum tahu ngeblog apaan..padahal bisa menghasilkan uang ya..
    Dulu sempat melamar kerja tapi hanya sampe tes wawancara

    ReplyDelete
  22. kayaknya nih dulu aku memanfaatkan kartu mahasiswa buat nyewa CD CD film di rental hahaha, kayak ada potongan diskon gitu

    sempet juga merasakan part time jadi guru les privat, belajar "kerja" gitu, waktu keterima senengnya minta ampun, dapet bayaran dari sini, buat nambah nambah duit jajan. Ada kenangannya

    ReplyDelete