BLANTERVIO103

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Bisa Berputar Milik Akari

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Bisa Berputar Milik Akari
Sunday, February 21, 2021

Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Bisa Berputar Milik Akari


Arenapublik.com - memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar kedengarannya cukup sulit, karena di dalam mesin cuci terdapat beberapa peralatan elektronik kompleks yang tidak bisa dengan mudah kita bongkar dan sembarangan dalam membongkarnya. Namun, untuk melakukan proses reparasi mesin cuci yang tidak bisa berputar kita wajib membongkar alat tersebut.

Mesin cuci menjadi peralatan elektronik rumah tangga terbaik saat ini, karena bisa membantu pekerjaan rumah dengan cepat dan kita juga tidak perlu terlalu lama dalam mengucek baju secara manual. Karena pada dasarnya mesin cuci didesain untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas rumahan.

Pada artikel ini, kami ingin membahas bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar dengan baik, tapi dalam pembahasan kali ini kami ingin memfokuskan dalam membahas produk mesin cuci Akari, bukan berupa promosi, namun kami memiliki mesin cuci merk tersebut di rumah.

Agar bisa menjadi pengingat dan menjadi arsip, ada baiknya pengalaman memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa bisa berputar kami jadikan dalam satu tulisan, siapa tau para pembaca setia arenapublik dapat mengambil ilmu sebagian dari sini. 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Alat Pemotong Styrofoam (Gabus)

Penyebab Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar

Sebagai pembukaan, kami ingin membahas terkait penyebab apa saja yang membuat mesin cuci tidak bisa berputar dengan baik, lalu kita akan membahas bagaimana cara penyelesaiannya. 

1. Baju Melebihi Kapasitas Mesin Cuci

Hal umum yang sangat sering terjadi dalam mencuci pakaian adalah kita kerap kali tidak memperhatikan spesifikasi maksimal dari mesin cuci, terkadang kita mengisi penuh baju di dalam mesin tersebut dan memaksakannya untuk berputar. 

Ternyata hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan, karena bisa membuat motor dari mesin cuci cepat rusak. Penyebab rusaknya motor mesin cuci sudah sangat jelas, karena kita terlalu banyak mengisi baju di dalam mesin cuci. 

Ada baiknya, saat mencuci baju dengan mesin. Setidaknya mengisi setengah atau 1/3 dari kapasitas mesin cuci, hal tersebut digunakan untuk menjaga kualitas dari mesin, agar pemakaian dari mesin tersebut bisa jangka panjang.

2. Air Mesin Cuci Kurang

Penyebab kedua adalah kurangnya air untuk memutar baju di dalam mesin cuci, biasanya bagi pengguna pertama mesin cuci banyak tidak mengetahui batasan pengisian air untuk mencuci pakaian dengan mesin, ada yang mengisi air sesuai dengan tinggi pakaian baju, bahkan ada yang mengisi kurang dari tinggi pakaian.

Hal tersebut juga bisa membuat mesin cuci tidak bisa berputar, biasanya di dalam mesin cuci terdapat tanda atau batasan air yang bisa kalian masukkan di dalam tabung mesin, dan usahakan jangan kelebihan. Karena kembali lagi seperti poin nomer satu, kita harus memperhatikan spesifikasi dari mesin cuci.

3. Hilangnya Power Pada Mesin Cuci

Penyebab terakhir yang menyebabkan mesin cuci tidak bisa berputar adalah hilangnya power listrik pada mesin cuci, hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari listrik PLN yang mati atau terdapat sambungan kabel putus di mesin.

Tanda terdapat sambungan kabel putus di mesin cuci adalah kedua motor mesin cuci dan pengering tidak bisa berputar, meskipun kita sudah melakukan set timer analog pada mesin. Jadi harus dilakukan perbaikan.

Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Bisa Berputar

Memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar

Setelah mengetahui beberapa poin penyebab utama yang membuat mesin cuci tidk bisa berputar dengan baik, berikutnya kami ingin membahas bagaimana cara memperbaiki mesin cuci yang tidk bisa berputar untuk merk dagang Akari.

  • Lakukan pengecekan arus listrik terlebih dahulu, pastikan tidak ada arus listrik pada mesin cuci pada saat kita memulai perbaikan.
  • Bongkar cover mesin cuci pada bagian belakang, gunakan obeng plus untuk membuka beberapa baut yang ada di mesin cuci. 
  • Kemudian lakukan cek pada kedua motor mesin cuci, apakah terdapat konslet atau bau gosong, jika ada berarti terjadi kerusakan pada motor nya. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti motor baru.
  • Cek v-belt atau gearbox pada mesin cuci, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Jika terjadi kerusakan, bisa jadi terdapat kerusakan pada v-belt atau gearbox mesin cuci. Cara mengatasinya harus melakukan pergantian komponen, sama seperti pada poin ketiga.
  • Terakhir adalah, lakukan pengecekan kabel power dari mesin cuci, apakah terdapat kabel putus atau fuse (sekring) mesin cuci yang putus. 
  • Jika pada poin ketiga dan keempat tidak berlaku, maka harus mencurigai poin kelima pada sambungan power. Lakukan pengecekan dengan membongkar rumah fuse, jika fuse putus maka lakukan pergantian komponen. 
  • Saat poin kelima dan keenam berlaku untuk memperbaiki mesin cuci, maka penyebab utamanya adalah terdapat pada sambungan power, dan masalah sudah teratasi jika kalian sudah melakukan percobaan setelah mengannti komponen.

Pada dasarnya, kita harus mengamati terlebih dahulu komponen apa saja yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan pada mesin cuci. Jika pada bagian motor tidak terdapat kecurigaan dan masih berputar dengan baik jika kita gerakkan secara manual, maka jawabannya ada pada sambungan power.

Untuk mengecek sambungan power, kalian bisa menggunakan alat bantu berupa tespen atau avo meter agar proses perbaikan bisa berjalan dengan mudah. 


Setelah melakukan proses perbaikan, jangan lupa pasang kembali cover belakang mesin cuci dan jalankan kembali untuk digunakan mencuci pakaian, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa poin penyebab terjadinya mesin cuci rusak ya. 

Semoga artikel sederhana kami mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang tidak bisa berputar dapat diserap ilmunya dengan baik dan menjadi manfaat bagi pembaca, jangan lupa dishare agar orang lain mengetahui cara memperbaiki mesin cuci, terimakasih.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. nice mas, smg teman2 yang memiliki mesin cuci merk ini bisa mengatasi masalah yg sama

    ReplyDelete
9127155806442794821