BLANTERVIO103

5 Manfaat Bersikap Optimis, Jadikan Hidup Lebih Berkualitas

5 Manfaat Bersikap Optimis, Jadikan Hidup Lebih Berkualitas
Tuesday, April 20, 2021

Manfaat bersikap optimis

Arenapublik.com - Manfaat bersikap optimis. Ketika keadaan hidup mulai memburuk atau berada pada ketidaknyamanan, banyak orang yang menggantikan sikap optimisme dengan pesimisme. Hal tersebut memang sangat mudah terjadi. Sebab optimisme biasanya memang lebih mudah muncul ketika segala hal dalam hidup berjalan dengan baik dan masa depan terlihat membahagiakan serta tampak amat cerah. Banyak manfaat bersikap optimis, tapi tidak banyak orang yang dapat memeprtahankan sikap yang satu ini bila ditimpa permasalahan yang rumit.

Tetapi apakah kamu akan diam dan membiarkan sikap pesimis tersebut menguasai dirimu dalam waktu yang cukup lama? Jika kamu hanya membiarkannya, sikap pesimis akan menjadikanmu sebagai manusia yang rugi. Padahal kamu masih punya kesempatan dan kemampuan untuk memilih, lho! Meskipun wajar saja untuk berpikiran pesimis, tapi jangan sampai membiarkannya berlarut-larut hingga merusak masa depanmu sendiri.

Dalam setiap keadaan semestinya kamu selalu bersikap optimis supaya hidup terasa lebih berkualitas dan penuh kebahagiaan. Sekalipun ada kendala yang dialami, kamu harus bisa mengubah sikap pesimis menjadi optimis. Pertahankan pikiran-pikiran yang baik sebab ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan ketika terus berpikiran optimis.

Baca Juga: Pekerjaan yang Berkah Berasal Dari Keringat Sendiri

Berikut Manfaat Bersikap Optimis

1. Tidak Mudah Terpengaruh Pesimisme yang Ditunjukkan Orang

Tanpa disadari ketika kamu mengalami kegagalan banyak orang dengan pemikiran pesimis yang datang mendekat. Biasanya mereka akan membuatmu merasa semakin tidak berguna. Keadaan hati dan pikiranmu yang rapuh akan membuat orang lain mudah mendorong dan menghancurkan dinding ketegaran yang kamu miliki. Pada akhirnya kamu akan menyesali takdir dan membenci diri sendiri karena tidak berhasil mencapai suatu tujuan tertentu. 

Saat kamu berada dalam lingkaran orang-orang yang pesimisme, akan sangat sulit bagimu untuk menumbuhkan rasa optimisme. Kamu akan ikut-ikutan merasa putus asa dan tidak bergairah untuk kembali mencoba sesuatu yang sempat gagal. Maka sebelum semua itu terjadi, yakinkan dirimu sendiri terlebih dahulu agar tetap mengambil sikap optimis apa pun yang akan terjadi.

2. Mengatasi Stres

Berpikir optimis pada setiap kesempatan ternyata akan menjauhkanmu dari tekanan batin dan pikiran. Hal tersebut akan sangat berguna untuk mengatasi stres yang terkadang menyerang pikiran. Hal tersebut dikarenakan pemikiran yang optimis akan mengusir kecemasan terhadap masalah yang sedang dihadapi. Pada saat kamu berusaha mengembangkan sikap dan pikiran-pikiran positif, maka secara tidak langsung kamu juga akan menuntun hidup menjadi lebih baik lagi. Dengan begitulah hidupmu akan lebih tertata sehingga apa pun ujian yang dimiliki kamu akan tetap gigih berjuang untuk menjadikan hidup lebih baik daripada sebelumnya.

3. Memudahkanmu Melalui Masa Sulit

Manfaat bersikap optimis dalam setiap hal yang dapat dirasakan selanjutnya yakni menjadikanmu mudah dalam melalui masa sulit. Hal ini tidak mustahil terjadi, sebab ketika berpikir optimis kamu akan yakin bahwa setiap permasalahan yang dimiliki saat ini tidak akan terjadi berlarut-larut apalagi sampai selamanya.

Kamu akan yakin bahwa permasalahan tersebut pasti akan berakhir dan menemukan solusinya. Secara tidak sengaja pikiran tersebutlah yang akan menguatkan hati dan pikiranmu sehingga kamu pun lebih bersemangat untuk segera menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara yang baik. Dengan begitu pula kamu tidak akan sibuk mengkhawatirkan masa lalu dan masa depan sebab masih banyak kesempatan dan keberuntungan yang dapat kamu miliki.

Baca Juga: Jam Tangan Alba Terbaik Untuk Wanita

4. Menjadi Lebih Tenang dan Bisa Mengambil Keputusan yang Tepat

Mungkin kamu tidak menyadarinya, tapi dengan bersikap optimis kamu akan menjadi lebih tenang. Ketika ditimpa permasalahan hidup, secara naluriah kamu akan lebih gampang mengambil keputusan yang tepat. Hal ini terjadi karena pikiranmu selalu berisi hal-hal positif sehingga kamu tidak akan mudah panik ketika hendak menentukan keputusan. Orang yang optimis akan berpikir lebih bijak walaupun berada pada situasi yang menekan dan mendesak.

5. Lebih Gampang Menikmati Hari Tanpa Mengabaikan Masa Depan

Pastinya kamu menyadari bahwa pesimisme akan membuatmu tidak bisa fokus pada suatu hal. Pikiranmu akan berisi hal-hal buruk yang dapat menjadikanmu semakin tertekan. Kamu bahkan seperti sedang mengutuk takdir dengan membayangkan hidupmu tertimpa berbagai hal buruk sebagai dampak permasalahan yang dimiliki. Padahal, kamu sendiri tidak tahu bagaimana semuanya akan terpecahkan dan berakhir. Akan tetapi belum apa-apa pikiranmu malah sudah yakin bahwa setiap yang akan dilakukan pasti gagal dan berdampak buruk. Alhasi, kamu justru kalah sebelum berperang.

Kamu harus ingat bila selama sesuatu belum terjadi, semua peluang masih sama besarnya. Baik dan buruknya sesuatu masih punya banyak kemungkinan untuk terjadi dan semua itu tidak bisa kamu putuskan sendiri. Oleh karena itulah kamu harus memperbesar peluang yang baik dengan bersikap optimis. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menikmati hari itu tanpa merasa cemas akan hari yang akan datang. Kamu bisa lebih fokus untuk melalui hari tersebut dan berusaha agar tidak menimbulkan permasalahan lain. Sehingga situasi itu akan membuat pandanganmu terhadap masa depan menjadi lebih tajam dan selektif.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821